SURVEI KEPUASAN LAYANAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM)

  1. TUJUAN
  2. Mengidentifikasi kepuasan pengguna PkM
  3. Mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan proses pelayanan LPPM
  4. Mengidentifikasi apakah kualitas pelayanan sesuai dengan keinginan dari sudut pandang pengguna dosen ataupun mitra
  5. METODE

Survei dilakukan kepada pengguna PkM yaitu dosen dan mitra. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan media google form setiap satu tahun sekali, setiap bulan Agustus. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik presentase. Indikator pengukuran menggunakan skala likert dengan rincian: sangat baik (76-100%), baik (51-75%), cukup baik (26-50%), kurang baik (1-25%).

  • HASIL SURVEI
Tabel Hasil Survei Kepuasan Pengguna Tahun 2017/2018
No.PertanyaanIndeks KepuasanPersentase (%)Keterangan
1Bagaimana penilaian anda tentang peta jalan PkM2,6967Baik
2Bagaimana penilaian anda tentang kesesuaian PkM dosen dan mahasiswa terhadap peta jalan PkM2,5363Baik
3Bagaimana penilaian anda tentang evaluasi kesesuaian PkM terhadap peta jalan PkM2,9273Baik
4Bagaimana penilaian anda tentang hasil evaluasi terhadap perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan program studi2,5363Baik
5Bagaimana penilaian anda tentang PkM dosen yang melibatkan mahasiswa2,7669Baik
Rata-rata2,68667Baik
Tabel Hasil Survei Kepuasan Mitra Tahun 2017/2018
No.PertanyaanIndeks KepuasanPersentase (%)Keterangan
1Bagaimana penilaian mitra tentang layanan PkM2,5363Baik
2Bagaimana penilaian mitra tentang kemanfaatan kegiatan PkM2,9273Baik
Rata-rata2,72568Baik

Berdasarkan tabel hasil survey kepuasan pengguna tahun 2017/2018 menunjukkan bahwa indeks kepuasan rata-rata adalah 2,686 dengan persentase rata-rata 67% dengan kategori Baik, sedangkan berdasarkan hasil survey kepuasan mitra tahun 2017/2018 menunjukkan bahwa indeks kepuasan rata-rata adalah 2,725 dengan persentase 68% dengan kategori Baik.

Tabel Hasil Survei Kepuasan Pengguna Tahun 2018/2019
No.PertanyaanIndeks KepuasanPersentase (%)Keterangan
1Bagaimana penilaian anda tentang peta jalan PkM3,0877Sangat Baik
2Bagaimana penilaian anda tentang kesesuaian PkM dosen dan mahasiswa terhadap peta jalan PkM2,9273Baik
3Bagaimana penilaian anda tentang evaluasi kesesuaian PkM terhadap peta jalan PkM3,3183Sangat Baik
4Bagaimana penilaian anda tentang hasil evaluasi terhadap perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan program studi2,9273Baik
5Bagaimana penilaian anda tentang PkM dosen yang melibatkan mahasiswa3,1579Sangat Baik
Rata-rata3,07677Sangat baik
Tabel Hasil Survei Kepuasan Mitra Tahun 2018/2019
No.PertanyaanIndeks KepuasanPersentase (%)Keterangan
1Bagaimana penilaian mitra tentang layanan PkM2,9273Baik
2Bagaimana penilaian mitra tentang kemanfaatan kegiatan PkM3,3183Sangat Baik
Rata-rata3,1178Sangat Baik

Berdasarkan tabel hasil survey kepuasan pengguna tahun 2018/2019 menunjukkan bahwa indeks kepuasan rata-rata adalah 3,076 dengan persentase rata-rata 77% dengan kategori Sangat Baik, sedangkan berdasarkan hasil survey kepuasan mitra tahun 2018/2019 menunjukkan bahwa indeks kepuasan rata-rata adalah 3,11 dengan persentase 78% dengan kategori Sangat Baik.

Tabel Hasil Survei Kepuasan Pengguna Tahun 2019/2020
No.PertanyaanIndeks KepuasanPersentase (%)Keterangan
1Bagaimana penilaian anda tentang peta jalan PkM3,4787Sangat Baik
2Bagaimana penilaian anda tentang kesesuaian PkM dosen dan mahasiswa terhadap peta jalan PkM3,3183Sangat Baik
3Bagaimana penilaian anda tentang evaluasi kesesuaian PkM terhadap peta jalan PkM3,793Sangat Baik
4Bagaimana penilaian anda tentang hasil evaluasi terhadap perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan program studi3,3183Sangat Baik
5Bagaimana penilaian anda tentang PkM dosen yang melibatkan mahasiswa3,5489Sangat Baik
Rata-rata3,46687Sangat Baik
Tabel Hasil Survei Kepuasan Mitra Tahun 2019/2020
No.PertanyaanIndeks KepuasanPersentase (%)Keterangan
1Bagaimana penilaian mitra tentang layanan PkM3,3183Sangat Baik
2Bagaimana penilaian mitra tentang kemanfaatan kegiatan PkM3,793Sangat Baik
Rata-rata3,50588Sangat Baik

Berdasarkan tabel hasil survey kepuasan pengguna tahun 2019/2020 menunjukkan bahwa indeks kepuasan rata-rata adalah 3,466 dengan persentase rata-rata 87% dengan kategori Sangat Baik, sedangkan berdasarkan hasil survey kepuasan mitra tahun 2019/20120 menunjukkan bahwa indeks kepuasan rata-rata adalah 3,505 dengan persentase 88% dengan kategori Sangat Baik.