Makanan Yg Wajib di Konsumusi Oleh Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah salah satu fase paling membahagiakan dalam kehidupan seorang wanita tetapi, kehamilan dapat memiliki serangkaian tekanan mental dan fisik. Bayi yang cerdas tidak hanya dipengaruhi oleh pola orang tua dalam membesarkan si kecil. Hal ini dipengaruhi juga oleh bagaimana pemenuhan gizi bayi sejak dalam kandungan. Dengan nutrisi yang cukup akan berkontribusi pada kemudahan anak menyelesaikan pekerjaan sekolah dan tidak menghadapi gangguan belajar seperti ADHD. Melansir Kidshealth.org, ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan. Menurut laman Times of India, mempertahankan pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting selama periode kehamilan karena itu membantu ibu dan bayi untuk tetap sehat. Selama waktu ini, tubuh ibu hamil membutuhkan nutrisi tambahan untuk meningkatkan kesehatan bayi. Faktanya, Anda perlu menambahkan 400-500 kalori ekstra setiap hari dalam diet selama trimester kedua dan ketiga. Berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, sebagaimana dilansir Times of India.
 
1. Produk susu Selama kehamilan, konsumsi produk susu sangat penting karena dapat memenuhi kebutuhan tambahan protein dan kalsium yang memberi dukungan pada pertumbuhan janin. Minumlah setidaknya satu gelas susu sehari dan konsumsi lebih banyak yogurt, keju, dan minyak samin atau ghee atau mentega dari lemak hewani untuk menjaga kesehatan bayi.
 
2. Telur Telur dianggap sebagai makanan ‘super’ oleh banyak orang karena merupakan sumber vitamin, protein dan mineral. Protein yang terkandung dalam telur membuatnya baik untuk bayi yang sedang tumbuh karena menghasilkan dan memperbaiki sel-sel janin. Selain itu, telur memiliki jumlah kolin yang tinggi di dalamnya yang penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi yang belum lahir.
 
3. Pisang Pisang adalah sumber asam folat, kalsium, kalium dan vitamin B6. Mereka juga kaya antioksidan dan membantu meningkatkan energi. Jadi, pisang bisa menjadi tambahan yang baik untuk diet kehamilan.
 
4. Ubi Jalar Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang sangat baik, yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh dan sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan. Vitamin A juga membantu meningkatkan imunitas dan memperbaiki penglihatan. Jadi, makan lebih banyak ubi jalar dapat bermanfaat bagi ibu dan bayi yang belum lahir.
 
5. Legum Legum adalah kelompok makanan yang meliputi lentil, kacang kedelai, kacang polong, buncis, buncis dan kacang tanah. Mereka adalah sumber yang sangat baik dari serat nabati, protein, folat, kalsium dan zat besi, dan semua ini sangat penting bagi wanita hamil. Memiliki folat yang cukup akan memastikan bahwa bayi Anda akan dilahirkan sehat dan tetap terlindungi dari banyak penyakit dan infeksi di masa depan.
 
6. Kacang Kacang kaya akan lemak sehat, yang menjadikannya pilihan ideal untuk ngemil selama masa kehamilan. Mereka memiliki asam lemak omega-3, protein, serat, dan nutrisi penting lainnya yang meningkatkan otak yang sangat penting bagi perkembangan bayi.
 
7. Jus Jeruk Jus jeruk dapat memberikan folat, kalium dan tentu saja, vitamin C. Ini dapat memberi bayi Anda nutrisi yang diperlukan yang akan mencegah berbagai jenis cacat lahir. Kandungan vitamin C dalam jus jeruk akan meningkatkan kemampuan bayi Anda untuk menyerap zat besi dalam tubuh. Jadi, minumlah satu gelas jus jeruk setiap hari sebagai bagian dari sarapan Anda.
 
8. Sayuran berdaun Sayuran berdaun kaya nutrisi dan kita semua tahu bahwa mereka dapat membantu melindungi tubuh terhadap banyak penyakit. Menjadi sumber yang kaya antioksidan, kalsium, protein, serat, folat, vitamin dan kalium, sayuran hijau adalah tambahan yang bagus untuk diet kehamilan Anda.
 
9. Oatmeal Oatmeal memiliki berbagai jenis manfaat kesehatan. Asupan karbohidrat diperlukan bagi kita semua, terutama wanita hamil karena dapat memberikan energi instan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Oatmeal adalah sumber karbohidrat, selenium, vitamin B, fosfor dan kalsium yang baik. Jadi, siapkan untuk sarapan selama fase kehamilan.
 
10. Salmon Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Memiliki cukup omega-3 dalam diet sangat penting bagi wanita yang sedang hamil karena membantu dalam perkembangan otak dan mata janin. Salmon juga merupakan sumber vitamin D yang baik, yang penting untuk kesehatan tulang dan kekebalan tubuh.